Keanehan Video Suporter Malaysia Hina Indonesia

Bookmark and Share
Keanehan Video Suporter Malaysia Hina Indonesia - Jelang laga "panas" antara Tim Nasional Indonesia Vs Malaysia dalam ajang Piala AFF 2012 Sabtu besok, sebuah video provokatif beredar di situs video sharing, YouTube. Menayangkan yel-yel diduga suporter Malaysia yang menghina Indonesia dengan kata-kata kasar. 


Menanggapi beredarnya video yang bisa menyulut emosi warga Tanah Air, Minister Consellor KBRI Kuala Lumpur, Suryana Sastradireja meminta rakyat Indonesia tidak terprovokasi. Sebab, belum jelas apakah video itu asli atau sudah direkayasa.

Apalagi ada sejumlah kejanggalan yang ditemukan. "Video itu diunggah 27 November 2012, coba buka yang tanggal 25 November 2011, ada juga seperti itu," kata Suryana saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (30/11/2012).

Keanehan lain, jadwal pertandingan 25 November adalah pertandingan antara Malaysia melawan Suriah. "Kok Indonesia dibawa-bawa."

Suryana menambahkan, yel-yel semacam itu juga tak hanya ditujukan pada Indonesia tapi juga Singapura. Videonya mirip. "Kami mencurigai ada provokator, meski belum bisa dikatakan kesimpulannya begitu," kata dia.

Pihak KBRI saat ini sedang melakukan penyelidikan. "Sedang dilihat didalami pakar IT, sama nggak apa yang keluar dan gerak bibir," kata Suryana. "Belum jelas juga kebenarannya, apakah asli atau dubbing. Jadi kami minta jangan terprovokasi. Kami sedang menyelidikinya."

Beredarnya video, juga kasus pemukulan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) cabang Malaysia, Sagir Alva usai mendukung Timnas makin memanaskan laga RI Vs Malaysia Sabtu besok.

Timnas Garuda membutuhkan setidaknya hasil seri untuk lolos ke semifinal, sementara Malaysia harus menang.

[ sumber ]

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar